Cara Budidaya Ikan Arwana Super Red

Posted on

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias ari tawar yang memiliki nilai harga cukup tinggi di pasaran dan termasuk salah satu komoditas ikan hias untuk diekspor. Di Indonesia, ada beberapa jenis ikan arwana asli dari beberapa daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi baik untuk pasar lokal maupun mancanegara. Salah satu jenis ikan yang harganya tinggi tersebut adalah ikan arwana super red yang satu ekor dewasanya dapat dihargai hingga angka 48 juta.

Tingginya nilai jual tersebut menjadikan peluang untuk melakukan proses budidaya ikan arwana jenis super red merupakan salah satu peluang yang cukup mengiurkan. Namun tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan, proses budidaya ikan arwana super red diperlukan langkan dan cara yang cukup rumit serta membutuhkan pengalaman maupun kesabaran tinggi. Berikut ini beberapa langkah atau proses budidaya ikan arwana super red yang dapat menjadi refrensi bagi pemula.

  1. Persiapan kolam

Langkah awal yang harus dilakukan dalam cara budidaya ikan arwana super red adalah dengan menyiapkan kolam budidaya. Kolam ikan arwana yang baik dibuat dari tanah yang berlempung dengan pembatas terpat yang dinding pemisahnya memiliki kemiringa 75 derajat. Sebelum digunakan untuk proses budidaya, kolam harus dikeringkan terlebih dahulu agar dapat dibersihkan dari rumput, gangang, dan lumpur yang akan mengotori kolam dan menjadikan proses budidaya menjadi tidak maksimal. Sebelum indukan ditebarkan maka kolam perlu untuk diidamkan terlebih dahulu berisi air kurang lebih selama 3 hari.

  1. Perhatikan kualitas air yang digunakan

Selain kolam, dalam tahap awal persiapan budidaya ikan arwana super red yang juga perlu untuk diperhatikan adalah kualitas air yang digunakan. Pengujian kualitas air yang baik bagi tempat hidup arwana harus memiliki nilai pH berkisar antara 6,5 hingga 7,4 dan suhunya harus terjaga di angka 27 – 29 derajat celcius. Air kolam ikan arwana sebaiknya dilakukan pengantian sebanyak kurang lebih 30 % dari total volume denga ari deklorinisasi secara rutin untuk menjaga kualitasnya.

  1. Pemilihan Indukan
Baca Juga  Cara mengatasi mata ikan arwana jamuran

Pemilihan indukan menjadi langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam proses atau cara budidaya ikan arwana super red. Faktor yang harus diperhatikan dari indukan ikan arwana tersebut adalah ras murni, bentuk morfologinya, umur dari ikan, berat badan, serta kondisi kesehatan ikan secara keseluruhan. Pemilihan indukan betina khususnya harus diliha dari tingkat kematangan gonad yang dapat dilihat dari ciri cirinya seperti perut yang mulai turun, usus melebar, dan warnaya cerah. Indukan betina memiliki prilaku sering menghadap ke atas dan indukan jantan terlihat memiliki nafsu makan kurang merupakan saat dimana keduanya cocok dipilih sebagai indukan dalam proses budidaya.

  1. Pemberian pakan

Pemilihan jenis pakan dan pemberiannya juga menjadi bagian yang akan menentukan sebeara baik hasil yang akan di dapat dari proses budidaya ikan arwana super red. Ada empat jenis pakan ikan arwana yang dapat diberikan selama proses pemijahan yakni jangkrik, udang beku, katak hidup, maupun ulat jerman yang diberikan secara bergantian untuk menjaga kebutuhan gizi ikan arwana dan menghindarkannya dari kebosanan. Tipe ad libitum atau kondisi pemberian pakan ikan hingga ikan tidak mau makan lagi dapat diterapkan dalam proses budidaya ikan arwana super red.

  1. Proses pemijahan

Setelah keseluruhan proses persiapan dilakukan maka sampailah pada bagian penting dari cara budidaya ikan arwana super red yakni pemijahan. Pemijahan yang disarankan bagi pemula adalah pemijahan alami dimana indukan berada pada kolam yang dibuat sesua dengan habitat aslinya. Pemijahan yang berhasil dapat ditunjukan dari adanya sepasang ikan yang berenang berpasangan di pinggir kolam dan menjauh dari kelompok. Pembuahan ikan arwana akan berangsung di luar tubuh dimana telur yang dikelaurkan oleh indukan betina akan dibuahi oleh sperma dari indukan jantan. Telur hasil pembuahan tersebut akan berada di dalam mulut pejantan selam kurang lebih dua bulan dan menjadikan ikan tersebut tidak makan atau puasa. Ciri ikan jantan yang didalamnya terdapat telur selain tidak namakn adalah ukuran mulut yang membesar dan rahang yang mengelembung.

  1. Pemanenan
Baca Juga  Penyakit Kutu Jarum Pada Ikan Arwana Dan Cara Mengatasinya

Bagi yang sudah berpengalaman, ikan arwana jantan akan dipanen telurnya dari dalam mulut untuk dilanjutkan proses penetasan dan pembuahan dengan cara pengeluaran telur yang dilakukan di dalam kolam. Untuk pemula, jika proses pengeluaran telur masih belum dapat dilakukan maka biarkan indukan jantan mengerami telur secara alami hingga menetas menjadi larva dan di besarkan sendiri oleh indukannya.

Itulah beberapa cara budidaya ikan arwana super red dengan proses pemijahan secara alami yang perlu diperhatikan oleh setiap pemula yang ingin melakukan proses budidaya salah satu jenis ikan arwana dengan harga tinggi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *