Cara memilih ikan arwana dengan kualitas terbaik untuk dipelihara

Posted on

Memelihara ikan merupakan salah satu bentuk hobi yang sudah ada sejak jaman dahulu. Adanya akuarium di dalam rumah yang berisi ikan tentu dapat memberikan kesan tersendiri bagi interior rumah. Salah satu jenis ikan yang jika dipelihara dapat memberikan kesan lebih mewah pada interior rumah adalah ikan arwana. Arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang harganya relatif cukup tinggi dan bahkan ada beberapa jenis ikan arwana tertentu yang harganya ratusan juga. Mengingat harganya yang mahal tersebut, bagi mereka yang ingin memelihara ikan arwana tentu tidak mau tertipu dengan harga yang ditawarkan. Berikut beberapa cara memilih ikan arwana dengan kualitas terbaik untuk dipelihara agar harga yang dikeluarkan sesuai dengan kondisi ikan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kenali setiap jenis ikan arwana

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memilik ikan arwana dengan kualitas terbaik adalah memahami adan mengenali setiap jenis ikan arwana yang ada di pasaran. Ada banyak jenis ikan arwana sesuai dengan asalnya baik yang local dari Indonsia maupun dari luar Indonesia. Beberapa jenis ikan yang trennya sampai saat ini tidak pernah turun tersebut diantaranya seperti arwana super red dengan warna merahnya, arwana red tail golden dengan warna keemasannya, Ikan arwana silver, ikan arwana banjar, ikan arwana black golden dari Malaysia, ikan arwana papua yang tentu berasal dari wilayah papua, ikan arwana patik, ikan arwana hijau. Dan beberapa jenis ikan arwana lainnya.

  1. Perhatikan setiap kondisi fisik ikan arwana

Setelah memahami dan memastikan jenis ikan arwana yang akan dipelihara maka langkah awal yang harus dilakukan dalam memiliki ikan arwana dengan kualitas terbaik adalah dengan memperhatikan kondisi fisik ikan. Fisik ikan harus sesuai dengan bentuk setiap jenis ikan arwana dan harus tidak ada bagian apapun yang ditemukan bermasalah. Ikan juga dalam kondisi yang sehat serta tidak ditemukan adanya jamur dan beberapa permasalahan lainnya seperti mata juling, perut yang berbintik merah, bintik putih pada sirip, dan lain sebagainya.

  1. Pilih ukuran dan usia yang tepat
Baca Juga  Cara tanning ikan arwana untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah

Bagi pemula, memilih ikan arwana yang sudah memiliki usia dewasa sangat perlu dilakukan mengingat ikan arwana memiliki kebutuhan detail dan rumit terkait proses perawatan untuk bibit dan anakan arwana. Namun jika sudah memiliki pengalaman, ikan yang lebih kecil tentu menguntungkan dan menjadi salah satu bentuk investasi ketika nantinya saat dewasa dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Selain usia, saran ukuran yang sebaiknya dipilih bagi para pemula yang akan memulai memelihara ikan arwana adalah 20 – 25 cm. Ukuran arwana dibawah 20 cm masih termasuk anakan dan ukuran arwana yang sudah mencapai 25 keatas sudah mulai dirawat untuk menjadi indukan.

  1. Beli ikan arwana di market yang terjamin

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis ikan arwana yang akan dipelihara adalah membeli ikan tersebut di tempat yang memang sudah terjamin. Tempat yang sudah cukup popular di datangi oleh para pecinta ikan arwana tentu akan selalu menjaga kualitas dan pelayanan yang diberikan sehingga pastinya seluruh ikan yang dijual memiliki kualitas terbaik. Sebelum membeli dan memilih ikan arwana, pastikan juga sudah memahami harga harga dari setiap jenis ikan arwana sebagai bahan referensi.

  1. Lihat perilaku ikan

Jika secara fisik ikan memiliki kondisi yang bagus sesuai jenisnya, maka langkah terakhir yang juga harus dipastikan sebelum memilih ikan arwana untuk dipelihara adalah melihat kondisi psikis dari ikan yang harus sehat. Kondisi psikis dan kondisi kesehatan ikan dapat dilihat dari pola prilakunya yang lincah, siripnya bergerak normal, tidak menyendiri atau berada di pojokan kolam sebagai salah satu tanda ikan mengalami stress, terlihat berenang bukan hanya pada permukaan kolam saja tapi juga menyelam kedalam, serta mampu merespon dengan baik ketika diberi pakan.

Baca Juga  Penyakit Kutu Jarum Pada Ikan Arwana Dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa cara memillih ikan arwana dengan kualitas terbaik untuk dipelihara. Sebelum memilih pastikan pahami langkah yang diberikan diatas terutama mengetahi ciri fisik yang normal dari setiap jenis ikan arwana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *