Cara merawat ikan arwana di dalam akuarium

Posted on

Memelihara ikan merupakan salah satu bentuk aktivitas hobi yang tentunya menyenangkan bagi mereka para pecinta ikan. Aktivitas memelihara ikan menjadi salah satu tren yang terus berkembang sejak dulu dan belum pernah benar benar mati dengan terbukti semakin rame serta banyaknya pasar ikan khusus ikan hias. Ada bebagai macam jenis ikan hias yang dapat dipelihara mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar seperti ikan arwana.

Ikan arwana merupakan ikan hias air tawar yang menjadi salah satu ikan dengan habitat asli di sungai hutan pada beberapa daerah wilayah Indonesia untuk jenis tertentu. Ikan arwana dikenal sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan cukup rumit dalam proses perawatannya di dalam akuarium. Untuk menjaga konidis perkembangan dan kesehatan ikan tersebut, berikut cara merawat ikan arwana di dalam akuarium dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Ukuran akuarium

Hal pertama yang selalu diperlukan dalam proses perawatan ikan arwana tentunya adalah akuarium. Dalam menentukan ukuran dari akuarium yang akan digunakan dala proses pemeliharaan ikan arwana harus disesuaikan dengan kondisi dan ukuran dari ikan tersebut. Ukuran dari akuarium yang digunakan dalam merawat ikan arwana perlu disesuaikan dengan ukuran dari ikan arwana tersebut. Setiap ikan arwana memiliki ukuran akuarium yang berbeda tergantung dari jenis dan ukuran ikan arwana tersebut.

  1. Perhatikan kebutuhan air pada akuarium

Selain kolam yang sesuai ukurannya, perawatan ikan arwana yang perlu diperhaitkan juga adalah terkait pemberian air bersih pada kolam yang sesuai dengan habitat aslinya. Air kolam harus memiliki suhu ruangan yang tidak terlalu dingin maupun terlalu panas serta tidak memiliki sifat asam yang dapat menyebabkan masalah pada permukaan kulit ikan. Air akuarium harus diganti secara berkala untuk tetap menjadikan air dalam kondisi yang bersih tanpa banya kontaminan yang bisa menyebabkan masalah pada ikan arwana.

  1. Gunakan penutup akuarium
Baca Juga  Cara memberi pakan untuk ikan arwana kesayangan anda dan menjinakannya

Cara merawat ikan arwana di dalam akuarium selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah tipe akuarium yang digunakan harus memiliki penutup namun tetap terjaga jumlah dan kualitas oksigen di dalamnya. Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang dapat melompat tinggi sehingga agar ikan tersebut tidak melompat keluar dari akuarium.

  1. Pilih jenis pakan yang sesuai

Kondisi lainnya yang perlu diperhatikan dalam cara merawat ikan arwana di akuarium adalah dengan memperhaitkan pakan yang sesuai untuk ikan arwana.  Jenis pakan untuk ikan arwana merupakan pakan hidup yang memang harus dipertahankan kehidupannya saat diberikan kepada ikan arwana. Pemilihan pakan yang tidak variatis dan kurang tepat dapat menjadikan masalah pada nafsu makan ikan arwana. Menganti jenis pakan yang diberikan seringkali membantu menjaga nafsu makan dari ikan arwana. Pastikan pakan yang diberikan bebas dari parasit dan jamur karena dapat menjadi penyebab munculnya infeksi microorganisme pada ikan arwana.

  1. Perhatikan sanitasi akuarium ikan arwana

Hal lain yang juga perlu diperhaitkan dalam prosesnya fokus untuk merawat kan salah satunya adalah kebersihan dan sanitasi dari akuarium.  Sanitasi kolam akuarium dapat didapatkan dari pengantian air kolam secara rutin, pembersihan kolam, dan lain sebagainya. Sanitasi yang terjaga dengan baik akan membantu menghindarkan ikan dari berbagai macam jenis penyakit diantaranya seperti penyakit akibat kutu jarum, ikan arwana jamuran, dan berbagai jenis permasalahan pada ikan arwana lainnya yang disebabkan oleh karena kondisi lingkungan.

  1. Hal yang tidak perlu dilakukan

Selain memahami apa saja yang perlu diperhatikan dalam cara merwat ikan arwana di dalam akuarium, hal hal yang sebaiknya dihindari juga harus dipahami dalam prosesnya merawat ikan arwana. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan diantaranya seperti memberikan hiasan yang berlebihan pada akuarium ikan arwana dan menaruh banyak ikan arwana atau lebih dari satu ikan arwana dalam satu akuarium karena ikan arwana termasuk ikan primitif yang menyendiri.

Baca Juga  Solusi Jika ikan arwana anda tidak mau makan

Itulah beberapa cara merawat ikan arwana di dalam akuarium yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik maupun mereka yang akan memelihara ikan arwana. Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang perawatannya cukup rumit sehingga perlu perhatian khusus agar dapat berkembangan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *