Cara tanning ikan arwana untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah

Posted on

Ikan arwana menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar bernilai ekonomis tinggi namun banyak disukai oleh mereka yang dapat dikatakan kaum berduit karena dipercaya mampu mendatangkan rejeki dan keberuntungan. Ikan arwana memiliki bentuk tubuh yang cukup besar dengan beberapa ciri khas seperti bentuk mulut yang menghadap ke permukaan, hingga corak dan warna yang khas dan menarik dari ikan arwana berbagai jenis.

Ada banyak alasan yang menjadikan ikan arwana memiliki nilai harga tinggi dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Salah satu dari banyak alasan tersebut adalah karena ikan arwana membutuhkan perawatan yang rumit dan perlu proses tanning untuk mengeluarkan warna dari ikan. Berikut ini penjelasan mengenai cara tanning ikan arwana untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah.

Mengenal Proses Tanning

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara tanning ikan arwana untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah maka perlu adanya penjelasan mengenai apa itu proses tanning terlebih dahulu. Tanning dilakukan pada beberapa jenis ikan seperti ikan arawana dan ikan louhan untuk membantu mengelurakan warna asli dari ikan dan mencerahkan warna tersebut. Proses tanning tersebut dilakukan dengan bantuan lambu LED pada spectrum UV A dan UV B dengan intensitas 10 ribu samapi 16 ribu Kelvin. Hindari penggunaan spectrum UV C karena berbahaya bagi ikan maupun manusia.

Cara Tanning Ikan Arwana Untuk Mengeluarkan Warna

Seperti dalam penjelasan diatas, proses tanning dilakukan dengan memanfaatkan lampu LED pad spectrum UV A dan UV B. Untuk lebih detailnya, maka berikut langkah dan cara yang harus dilakukan untuk melakukan proses tanning pada ikan arwana tersebut diantaranya seperti :

  1. Persiapan ikan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih ikan yang sudah siap untuk ditanning. Ikan yang ditanning harus memiliki kondisi kesehatan yang cukup baik dilihat dari tidak adanya cacat pada bentuk tubuh ikan dan tentu memilik pola tingkah yang menunjukan kondisi kesehatannya dalam keadaan yang prima diantaranya seperti lincah, memiliki nafsu makan baik, dan sisiknya mengkilap. Ikan yang siap ditanning setidaknya memiliki ukuran kurang lebih 30 cm dan harus sudah ada tanda sisi yang membentuk ring.

  1. Persiapkan alat yang dibutuhkan

Setelah proses pemilihan dan persiapan ikan dilakukan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan kebutuhan alat yang akan digunakan dalam proses tanning tersebut. Kolam atau tank akuarium yang digunakan harus berukuran cukup sehingga ikan masih bisa berenang bebas. Siapkan lampu yang akan digunakan dalam proses tanning yakni lampu LED dengan spectrum UV A dan UV b, lampu tersebut tersedia banyak di toko toko lampu dengan beraneka ragam merk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Tempatkan lampu dengan benar

Setelah alat dan kolam yang dibutuhkan dipersiapkan maka langkah selanjutnya adalah menseting alat dengan benar. Tempatkan lampu di bagian samping tank akuarium ditambah cover lampu agar tidak membuat ikan arwana menjadi silau. Penempatan lampu pada bagian samping kolam akan langsung mengenai sisik dari ikan arwana.

  1. Waktu proses tanning

Yang terpenting dari proses tanning ikan arwana agar dapat mengeluarkan warna aslinya dan membantu lebih mencerahkan warna adalah waktu dari proses tanning tersebut. Tanning ikan arwana dapat dilakukan setiap kelipatan tiga jam dalam satu hari seperti 3, 6, 9 , 12, 18, atau bahkan 24 jam. Tanning biasanya membutuhkan waktu dari 2 minggu hingga 3 bulan yang tergantung dari jenis ikan dan kondisnya masing masing.

  1. Tetap lakukan perawatan

Selama proses tanning, ikan arwana tetap perlu mendapatkan perawatan yang benar seperti biasanya. Beberapa proses perawatan ikan arwana yang tetap diperlukan pengantian kolam, pembersihan kolam, pemberian pakan yang tepat, dan lain sebagainya. Proses perawatan yang abai malah menjadikan tahapan tanning tidak berlangsung dengan baik dan bisa menimbulkan hal negatif pada ikan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara tanning ikan arwana untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah. Tanning ikan tersebut memang terbilang cukup rumit dan belum tentu berhasil pada setiap prosesnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *