Hal yang perlu diperhatikan dan dihindari saat memelihara ikan arwana

Posted on

Ikan arwana merupakan ikan yang disebut sebagai  ikan primitif karena dipercaya telah hidup cukup lama hingga sekarang. Ikan yang dipercaya sebagai fosil hidup tersebut dijadikan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki daya tarik pada bentuk tubuh dan warna kulitnya. Ikan yang dipercaya telah ada sejak 60 juta tahun yang lalu tersebut bukan hanya sebagai ikan peliharaan saja namun juga diyakini dapat mendatangkan rejeki dan keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

Sebagai salah satu jeni ikan hias yang memiliki nilai ekonomis tinggi, perawatan ikan arwana menjadi salah satu hal yang cukup rumit dan perlu diperhatikan dengan baik agar prose perkembangan ikan dan kondisi kesehatannya dapat terjaga. Ada berbagai macam bentuk penyakit dan hama ikan arwana yang dapat menjadikan kondisi kesehatan ikan menurut atau bahkan menjadikan kualitas dan daya tarik dari ikan menurun.

Untuk menghindari adanya kondisi yang berbahaya bagi ikan arwana tersebut maka perlu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari dalam prosesnya memelihara ikan air tawar tersebut di dalam akuarium. Berikut beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dan perlu untuk dihindari dalam prosesnya merawat serta memelihara ikan arwana melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Perhatikan ukuran kolam

Ikan arwana memang dapat dipelihara di dalam akuarium namun harus dengan ukuran kolam yang besar mengingat ikan ukuran ikan arwana pun juga besar. Meskipun dapat dipelihara di akuarium, ikan arwana tetap membutuhkan kolam besar ketika ingin berkembang biak. Kondisi di dalam kolam dan akuarium ikan arwana harus di sesuaikan dengan habitat di tempat asalnya hidup untuk menjadikan ikan arwana berkembang dan tumbuh dengan baik.

  1. Pastikan suhu air kolam sesuai
Baca Juga  Cara memilih akuarium arwana dan merawatnya sehari hari

Ikan arwana merupakan jenis ikan tropis yang tentu dapat hidup dengan baik ketika suhu air kolam dalam kondisi yang sesuai dengan suhu pada air di iklim tropis. Suhu rata2 yang disukai oleh ikan arwana untuk hidup adalah 27 derajat celcius. Sebagai pemilik ikan, usahakan agar suhu di dalam kolam tidak terlalu rendah maupun tidak terlalu tinggi dari angka 27 derajat celcius tersebut.

  1. Pastikan air kolam dalam kondisi yang netral

Hal lainnya yang juga perlu dihindari oleh setiap pemiliki ikan arwana berkaitan dengan air kolam atau air akuarium adalah kondisi yang tidak boleh terlalu asam maupun telalu asin. Hal ini dikarenakan kondisi yang terlalu asam atau terlalu asin dapat menyebabkan ikan arwana terpengaruh kebiasaan makannya serta menimbulkan kondisi penyakit tertentu yang dapat berkembang di dalam kolam atau akuarium.

  1. Jangan berikan pakan dari alam liar langsung

Hal yang perlu diperhatikan dan dihindari saat memelihara ikan arwana lainnya adalah tidak memberikan ikan arwana pakan dari hasil tangkapan di alam liar. Meskipun ikan arwana pada habitat aslinya terbiasa mengkonsumsi pakan makhluk hidup yang berada di dalam liar, namun untuk ikan yang telah dipelihara sebaiknay hal tersebut tidak dilakukan. Kondisi ini dikarenakan adanya ancaman parasit dari pakan ikan di alam liar seperti ikan kecil, katak, maupun serangga yang berpeluang menginfeksi ikan arwana. Jika inging memberikan pakan dari alam liar maka sebaiknya lakukan isolasi terlebih dahulu sebelum pakan diberikan.

  1. Jangan letakan lebih dari satu ikan arwana dalam akuarium yang sama

Ikan arwana merupakan jenis ikan yang sedang untuk hidup sendiri dan menjadi salah satu hewan yang memiliki naluri kuat untuk mempertahankan wilayahnya. Karena hal tersebut, sangat mudah kita lihat baha ikan arwana seringkali sendirian di dalam akuarium. Mengabungkan ikan arwana dalam satu akuarium dapat menyebabkan pertarungan untuk merebutkan wilayah. Ikan dapat digabung pada saat pemijahan untuk ikan arwana jangan dan betina. Selain itu, akuarium tepat dimana ikan arwana berasa sebaiknya juga tidak diberikan banyak aksesoris yang kurang berarti.

Baca Juga  Solusi Jika ikan arwana anda tidak mau makan

Itulah beberapa penjelasan mengenai hal yang perlu diperhatikan dan dihindari saat memelihara ikan arwana agar kondisi ikan arwana selalu dalam kondisi yang sehat serta tidak mengalami gangguan atau penyakit apapun.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *