Hama Dan Penyakit Ikan Arwana Akibat Microorganisme

Posted on

Sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki nilai harga tinggi, proses perawatan dan pemeliharaan ikan arwana harus benar benar diperhatikan dengan baik agar tidak muncul penyakit atau hama yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan maupun pertumbuhan ikan menjadi terganggu. Terganggunya kondisi kesehatan dan pertumbuhan ikan tersebut dapat berdampak pada kualitas dan kecantikan dari ikan arwana menjadi menurun.

Proses pemeliharaan ikan arwana memang cukup rumit dan membutuhkan kesabaran serta keuletan yang tinggi agar tidak menjadikan ikan di dalam kolam akuarium tersebut menjadi mudah terkena hama dan penyakit yang beragam. Berikut beberapa penjelasan mengenai hama dan penyakti ikan arwana akibat mikoroorganisme dan perlu untuk diketahui bagi setiap pemilik ikan tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

  • Penyakit ikan arwana karena parasit

Jenis penyakit pertama yang dapat terjadi pada ikan arwana adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Beberapa penyakit arwana yang muncul akibat penempelan parasit pada tubuh ikan dengan nilai harga tinggi tersebut diantaranya seperti :

  1. Penyakit bintik putih,

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Ichthiopthirius multifiliis dan dapat terjadi akibat penularan dari ikan yang terinfeksi atau karena pakan yang terkontaminasi, kualitas air yang buruk, dan kondisi sanitasi kolam yang tidak terjaga. Penyakit bintik putih ini ditandai dengan gejala munculnya bintik putih pada insang dan sirip, ikan yang terlihat sulit untuk bernafas, perilaku ikan yang sering mengosokan tubuhnya ke dinding kolam, dan terjadinya pendarahan pada sirip maupun insang. Pengobatan penyakit bintik putih tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan larutan metylene blue yang dilakukan dengan dosis 1 % selama satu hari. Ekstrak sambang darah juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakti bintik putih sebagai pengobatan alami.

  1. Penyakit gatal
Baca Juga  Penyakit Ikan Arwana Akibat Lingkungan

Jenis penyakit arwana lainnya yang juga disebabkan oleh parasit adalah penyakit gatal. Penyakit ini disebsbkan oleh parasit yang disebut Trichodina sp. Adanya penyakit gatal ini ditandai dengan perilaku dari ikan arwana yang gerakannya mulai melemah serta sering menggosokan bagian tubuhnya ke dinding kolam. Pengobatan penyakit gatal dapat dilakukan dengan cara menggunakan perendaman pada larutan formalin 150 – 200 ppm selama kurang lebih 15 menit maupun dengan ekstrak sambang darah yang sama dalam proses pengobatan penyakit bintik putih.

  • Penyakit ikan arwana karena bakteri

Hama dan penyakit lainnya yang juga dapat terjadi pada ikan arwana disebabkan oleh karena bakteri. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat terjadi pada ikan arwana akibat infeksi bakteri diantaraya seperti :

  1. Penyakit penducle

Penyakit yang juga disebut sebagai penyakit air dingin ini disebabkan oleh karena bakteri Flexbacter psychropahila. Gejala awal terjadinya penyakit penducle tersebut terlihat ketika ikan arwana memiliki kondisi yang cukup lemah dari biasanya, nafsu makannya berkurang, hingga muncul borok pada kulit. Pengobatan penyakit penducle secara medis mengunakan perendaman ikan di dalam larutan antibakteri Oxytetracicline sebanyak 10 ppm selama 30 menit. Ekstrak kunyit menjadi pilihan pengobatan alami bagi penyakit penducle tersebut.

  1. Penyakit edward siella

Seperti namanya, penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Edward siella terda yang akan menyebabkan munculnya gejala seperti luka kecil para kulit dan daging ikan arwana serta munculnya pendarahan. Luka pada daging tersebut akan mengelurkan nanah dan dapat menyebabkan luka pada hati maupun ginjal. Pengobatan medis dilakukan dengan menggunakan laruan antibakteri Sulfamerazine sebanyak 100 – 200 mg per satu kilogram ikan arwana yang dilarutkan dalam 1 liter air bersih. Pengobatannya bukan dengan merendam ikan arwana melainkan menyemprotkan cairan tersebut ke pakan ikan dan lalu mengeringkannya sebelum diberikan. Perendaman ikan arwana dengan ekstrak kunyit juga dapat dipilih sebagai pengobatan secara alami.

Baca Juga  Tanda penyakit cacing jamur pada ikan arwana dan pengobatannya

Itulah beberapa penjelasan mengenai hama dan penyakit ikan arwana akibat microorganisme baik bakteri maupun parasit yang perlu diketahui oleh setiap pemiliki ikan hias air tawar dengan nilai harga yang mahal tersebut. Kondisi kebersihan lingkungan, kualitas air maupun pakan, hingga sanitasi kolam harus diperhatikan dengan baik untuk dapat mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit dan hama pada ikan arwana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *