Kebiasaan Hidup Ikan Arwana

Posted on

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daya tarik tersendiri meskipun dikenal sebagai ikan hias air tawar dengan nilai ekonomis yang bisa dibilang tinggi. Ikan arwana juga dikenal memilliki cara perawatan yang dapat dikatakan lebih rumit dibandingkan jenis ikan lainnya.  Salah satu hal yang perlu diperhatikan setiap orang yang ingin memelihara ikan arwana adalah kondisi kolam tempat ikan arwana hidup sebaiknya dapat disesuaikan dengan kebiasaan hidup ikan tersebut di alam terbuka. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kebiasaan hidup dari ikan arwana di alam terbuka.

  • Habitat

Hal pertama yang perlu diketahui dari kebiasaan hidup ikan arwana tersebut adalah habitat liarnya. Ikan arwana berhabitat di sekitaran tepian sungga yang banyak ditumbuhi pepohonan diantaranya seperti pohon engkana, pohon putat, pohon rasau, dan pohon entangis. Kesemua jenis pohon yang disebutkan diatas tersebut memilikia akar hingga dasar sungai dengan batangnya yang berada di dalam air tetapi daun yang rimbun tetap berada di atas permukaan. Karena habitatnya tersebut maka ikan arwana banyak dijumpai di daerah Kalimantan Barat, Kapuas, dan negara tropis lainnnya yang memang memiliki tipikal sungai hutan.

  • Cara dan Kebiasaan Makan

Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk dalam ikan perenang atas sehingga sangat mudah ditemui di permukaan sungai. Sifat ikan arwana yang sering berenang di permukaan air sungai tersebut ditunjukkan dengan betuk mulut yang mengarah ke atas. Ikan Arwana berenang di permukaan juga untuk mencari mangsa. Ikan arwana dapat menerima dan mengkonsumsi segala jenis pakan untuk ikan karnivora, tetapi memiliki sifat untuk lebih menyukai satu jenis makanan tertentu dan menolak jenis pakan lainnya. Arwana juga dapat melompat hingga 1 – 2 meter diatas permukaan air untuk menangkap serangga.

Baca Juga  Manfaat ikan arwana bagi manusia

Ikan arwana merupakan ikan karnivora predator yang akan memburu jenis ikan kecil lainnya di dalam sungai. Ikan yang memiliki ukuran bervariasi antara 30 – 80 cm. Ikan arwana di alam liar akan berkembang lebih besar dibandingkan ikan arwana yang sudah dipelihara di dalam akuarium. Ikan arwana membutuhkan kolam atau akuarium yang cukup besar sehingga modal untuk membuatnyapun juga cukup besar sebelum memelihara ikan tersebut. Makanan yang sering dijadikan pakan untuk ikan arwana diantaranya seperti serangga, jangkrik, udang tawar kecil, katak, kelabang, kadal, belalang, ulat dan cicak. Untuk menghindari ikan arwana dari kebosanan terhadap pakannya maka perlu pemberian varian pakan untuk ikan tersebut.

  • Reproduksi ikan

Ikan arwana di alam liar berkembang biasa satu kali selama setahi yakni antara bulan juni hingga bulan agustus di habitat aslinya. Proses reproduksi tersebut dialam liar menjadi salah satu fenomena makhluk hidup yang banyak diteliti oleh ilmuan untuk lebih memahami ikan arwaan di lingkungan liarnya. Indukan ikan arwana yang sudah memiliki sel reproduksi matang akan berkembangbiak atau bereproduksi setelah mencarapi umur empat setengah tahuhn hingga lima tahun. Ikan yang siap bereproduksi tersebut dengan usia yang ideal akan memiliki bobot kurang lebih antara satu hingga dua kilogram.

Hal yang sangat menarik dari proses reproduksi ikan arwana tersebut adalah ketika perkawinan terjadi. Semasa proses perkawinan tersebut, induk ikan arwana jantan dan indukan ikan arwana betina akan berpasangan satu sama lain dan berenang saling beriringan selama beberapa minggu. Proses kawin tersebut hanya akan terjadi jika mencapai keadaan sesuai bagi indukan jantan maupun betina. Induk jantan dalam proses perkawianan tersebut akan melengkungkan badan dan menghimpit badan dari indukan betina, telur yang dihasilkan oleh induk betina akan keluar dan akan dibuahi oleh induk jantan. Ikan arwana jantan tersebut akan menyimpan telurnya di dalam mulut.

Baca Juga  Mengapa Ikan arwana bernilai ekonomis tinggi

Dalam proses pembudidayaannya, ikan arwana akan berkembangbiak dengan mudah didalam kolam secara alami tanpa adanya tambahakn  suntikan hormon pembiakan.Yang menjadi poin penting dari proses perkawinan ikan arwana dalam lingkungan budidaya ikan tersebut  adalah pakan ikan yang berkualitas sehingga kondisi reproduksi dari ikan akan selalu dalam kondisi yang sehat serta siap bereproduksi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kebiasaan hidup ikan arwana mulai dari habitat, cara makan, hingga proses reproduksinya yang perlu dipahami oleh setiap pembudidaya ikan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *