Mengapa Ikan arwana bernilai ekonomis tinggi

Posted on

Memelihara ikan baik di akuarium dalam rumah maupun kolam di bagian depan rumah merupakan salah satu cara untuk memberikan kesan menarik dan lebih menyegarkan pada rumah. Aktivitas memelihara ikan juga merupakan salah satu bentuk hobi yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan penat serta stress yang dimiliki dari aktivitas berat setiap harinya. Ada banyak jenis ikan yang dapat dipelihara di akuarium maupun kolam dengan kelebihannya masing masing.

Salah satu jenis ikan yang mungkin menjadi salah satu ikan hias air tawar dengan ukuran besar yang seringkali bukan hanya dijadikan sebagai ikan peliharaan namun juga dipercaya dapat mendatangkan rejeki dan keberuntungan adalah ikan arwana. Ikan arwana juga dikenal memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Berikut ulasan mengenai penjelasan terkait mengapa ikan arwana bernilai ekonomis tinggi.

  1. Ikan primitif

Alasan pertama yang dapat disampaikan terkait mengapa ikan arwana bernilai ekonomis tinggi adalah karena ikan arwana tersebut merupakan ikan primitif. Yang dimaksud ikan primitif tersebut adalah ikan arwana ternyata menjadi salah satu jenis ikan purba yang masih dapat hidup hingga sekarang. Bahkan ikan arwana diperkirakan sudah ada sejak puluhan juta tahun yang lalu dan hingga sampai sekarang masih hidup baik secara liar maupun dalam pembudidayaan. Karena menjadi salah satu jenis ikan purba tersebutlah yang membuat ikan arwana memiliki nilai harga ekonomis yang tinggi dibandingkan ikan lainnya.

  1. Corak dan warna yang menarik

Ada banyak jenis ikan arwana baik lokal atau yang berasal asli dari Indonesia maupun dari mancanegara yang memiliiki nilai harga berbeda. Salah satu yang membedakan nilai harga tersebut adalah corak dan warna dari ikan arwana yang terlihat sangat menarik. Karena corak dan warnanya inilah yang menjadikan ikan arwana memiliki nilai harga yang juga tinggi. Beberapa corak tertentu bahkan dapat ditawar dengan harga hingga ratusan juta rupiah untuk satu ekor ikan.

  1. Diburu kolektor
Baca Juga  Jenis-jenis Ikan Arwana di indonesia dan ciri cirinya

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan langka yang diburu oleh banyak kolektor maupun para pecinta ikan arwana. Karena kebutuhannya tersebut yang menjadikan ikan arwana memiliki nilai ekonomis tinggi apalagi ketika ikan arwana sudah memenangkan kontes tertentu. Kontes ikan arwana memang banyak diselenggarakan untuk mencari corak dan warna ikan arwana terbaik pada setiap jenisnya. Sebagai pemenang kontes tentu ikan arwana tersebut diakui memiliki kualitas yang baik, corak dan warna yang menarik. Prinsip semakin banyak barang dicarai maka barang tersebut akan bernilai harga tinggi berlaku untuk ikan arwana tersebut.

  1. Perawatan yang rumit

Alasan lainnya yang dapat menjawab mengapa ikan arwana memiliki nilai ekonomis tinggi adalah karena proses perawatan yang rumit pada ikan arwana dari mulai bibit hingga dewasa dengan corak dan warnanya. Ikan arwana memang dikenal sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang memerlukan perhatian lebih dalam proses perawatannya agar tidak mudah mengalami penyakit dan hama yang dapat merusak kualitas dari ikan tersebut. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam proses perawatan ikan arwana mulai dari pakan, air, dan kebersihan kolam.

  1. Proses tanning untuk mengelurakan warna ikan

Selain proses perawatannya yang rumit, ikan arwana juga harus melalui proses tanning untuk dapat mengeluarkan warna yang ada dari ikan tersebut. Saat masih dalam usia bibit, ikan  arwana memang belum memiliki corak dan warna yang menarik sehingga perlu melewati proses tanning agar warna yang dimiliki oleh ikan tersebut dapat keluar dan menjadikannya sebagai salah satu ikan hias dengan warna menarik disbanding ikan lainnya.

  1. Mendatangkan rejeki dan keberuntungan

Alasan lainnya yang menjadikan ikan arwana memiliki nilai harga tinggi adalah karena salah satu kepercayaan yang menyatakan bahwa ikan arwana dapat mendatangkan rejeki dan keberuntungan. Karena kepercayaannya tersebut menjadikan banyak kaum borjuis atau orang yang memiliki harta kekayaan lebih seringkali menjadikan ikan arwana sebagai ikan peliharaan yang terdapat di dalam akuarium rumah untuk membantu mendatangkan rejeki dan keberuntungan.

Baca Juga  Klasifikasi Ikan Arwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *