Penyakit Ikan Arwana Akibat Lingkungan

Posted on

Arwana menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki nilai harga tinggi karena kelangkaan, bentuknya yang cantik, serta kepercayaan sebagai salah satu jenis ikan yang dapat membawa hoki atau keberuntungan. Ikan arwana termasuk dalam salah satu jenis ikan hias yang cukup rumit perawatannya dan membutuhkan proses yang harus dilakukan dengan baik agar dapat menghindarikan ikan dari berbagai jenis penyakit.

Penyakit pada ikan arwana dapat mengancam kondisi kesehatan dari ikan maupun kualitas dan pertumbuhannya sehingga harus dapat dihindari. Ada dua jenis penyakit pada ikan arwana yakni penyakit yang disebabkan oleh microorganisme dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan. Berikut beberapa penjelasan mengenai jenis penyakit ikan arwana akibat lingkungan yang perlu diketahui oleh setiap pemilik ikan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Tutup Insang Melengkung

Permasalahan pertama yang dapat terjadi pada ikan arwana akibat kondisi lingkungan adalah tutup insang melengkung. Kondisi tutup insang melengkung tersebut dapat terjadi karena kondisi suhu air kolam yang tidak semestinya yakni terlalu hangat atau terlalu dingin, air kolam yang kekurangan oksigen, dan penggunaan obat yang melebihi batas. Kondisi tersebut dapat menyebabkan insang membuka dan menutup lebih cepat. Gejala penyakit ini sangat jelas yakni ditandai dengan tutup insang yang melengkung. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menjepit ikan arwana diantara dua kaca dalam emberi dan memberikannya oksigen murni. Selalu mengatur kadar oksigen di dalam air dan menghindai penyebab lainnya merupakan cara mencegah terjadinya masalah ini.

  1. Sisik Berdiri

Kondisi permasalahan sisik berdiri dapat disebabkan oleh karena adanya lingkungan yang kotor dan kurang dijaga kebersihannya. Kondisi sisik yang berdiri tersebut dapat menjadi lebih parah ketika tidak diatasi dengan cepat yang menjadikannya membusuk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat digunakan amonium sulfat dengan dosisi 100 – 200 mg per 1 kilo gram berat ikan arwana.

  1. Mata Juling
Baca Juga  Penyakit kutu sisik dan solusi yang dialami ikan arwana

Mata juling ternyata juga dapat terjadi pada ikan arwana yang disebabkan oleh karena kurangnya sinar matahari atau kebiasaan ikan yang sering berburu atau mengambil makanan di pojok akuarium. Untuk mengatasi mata juling tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan sinar matahari yang lebih luar dan jika kondisinya cukup parah maka diperlukan operasi kecil.

  1. Anus Merah Dan Bengkak

Penyakit ikan arwana akibat lingkungan lainnya adalah anus merah dan bengkak yang disebabkan oleh karenan makanan yang terkontaminasi akibat lingkungan kotor sehingga menjadikan pencernaan terganggu hingga menjadikannya tidak dapat mengeluarkan kotoran. Anus ikan yang memerah tersebut terkadang disalah artikan sebagai ikan matang gonad karena gejalanya hampir sama, yang membedakannya adalah munculnya cairan putih. Penggunaan amonium sulfat juga digunakan untuk mengatasi kondisi permasalahan ini.

  1. Tulang Punggung Bengkok

Jenis penyakit ikan arwana akibat lingkungan lainnya yang perlu diketahui adalah kondisi dimana tulang punggung ikan bengkok. Penyebabnya adalah karena kondisi lingkungan yang buruk dan terlalu sempit sehingga menyebabkan bakteri masuk kedalam tubuh dan mempengaruhi perkembangan punggung ikan. Pindahkan ikan ke kolam yang lebih bersih dan lebih besar menjadi salah satu proses mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Ekor Dan Sirip Mengerut

Ekor dan sirip mengerut menjadi permasalahan lain yang dapat disebabkan oleh kondisi air di dalam kolam yang terlalu kotor dan suhu air terlalu rendah sehingga menyebabkan ekro dan sirip kedinginan. Untuk menanganinya dapat dilakukan dengan memberikan penghangat pada kolam dan menambahkan beberapa amonium sulfat secukupnya.

  1. Ikan arwana tidak mau makan

Ikan arwana yang tidak mau makan tentu juga permasalahan yang harus diperhatikan karena dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk bagi ikan. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan membuat ikan berpuasan selama kurang lebih satu minggu dan menganti jenis pakannya menjadi ikan hidup sehingga ketika ikan arwana akan secara alami berburu ikan tersebut.

Baca Juga  Hama Dan Penyakit Ikan Arwana Akibat Microorganisme

Itulah beberapa jenis penyakit ikan arwana akibat lingkungan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik ikan tersebut. Menjaga kondisi kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya permasalahan yang disebutkna diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *