Penyakit Kutu Jarum Pada Ikan Arwana Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar bernilai ekonomis tinggi, ikan arwana tentu akan mendapatkan perlakuan dan perawatan super ketat agar tidak mudah mengalami kondisi penyakit atau hama yang tentunya dapat menjadikan ikan arwana tersebut menurun kesehatannya serta kualitas warna dan keindahannya. Ada banyak jenis penyakit dan hama yang dapat terjadi pada ikan arwana mulai dari penyakit yang disebabkan oleh parasit, bakteri, hingga pengaruh lingkungan.

Lingkungan dimana tempat ikan arwana tersebut hidup memang akan sangat memiliki andil besar dalam menjaga kondisi ikan agar tidak mudah mengalami berbagai macam jenis penyakit. Salah satu jenis penyakit pada ikan arwana yang banyak ditemui adalah kutu jarum. Kutu jarum merupakan salah satu permasalahan pada ikan arwana yang disebabkan oleh parasit. Berikut penjelasan mengenai penyakit kutu jarum pada ikan arwana dan cara mengatasinya dalam ulasan di bawah ini.

Mengenal Penyakit Kutu Jarum

Penyakit kutu jarum merupakan salah satu jenis kutu yang cukup besar dan menjadi parasit pada ikan arwana. Kutu jarum sebenarnya menjadi salah satu jenis parasit yang lebih banyak menyerang ikan daam kolam dibandingkan dalam akuarium meskipun tidak menutup kemungkinannya. Kutu jarum memiliki bentuk seperti jarum yang terlihat menancap para tubuh ikan yang terinfeksi. Jenis kutu jarum yang biasa ditemukan menyerang ikan arwana adalah Lernae cyprinacea. Gejala ikan arwana yang terinfeksi kutu jarum diantaranya seperti :

  • Kutu dewasa yang menyerang ikan arwana tentu akan dapat mudah terlihat seperti ada bagian yang menempel pada ikan namun bukan dari bagian tubuhnya.
  • Ikan yang terserang kutu jarum akan terlihat berenang dengan cepat dan tidak terarah serta sering mengesek gesekan tubuhnya pada benda benda di sekitar akuarium atau kolam.
  • Karena sering mengesekan tubuhnya tersebut maka ikan akan terlihat muncul iritasi pada beberapa bagian tubuhnya.
Baca Juga  Cara tanning ikan arwana untuk mengeluarkan warna yang lebih cerah

Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum Pada Ikan Arwana

Parasit kutu jarum pada ikan arwana tentu menjadi masalah yang cukup serius terutama jika menyerang ikan arwana yang masih kecil. Untuk mengatasi adanya penyakit kutu jarum tersebut maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya seperti :

  • Isolasi, langkah pertama yang harus dilakukan ketika ditemui ikan yang terserang kutu jarum adalah melakukan isolasi untuk menhindari kutu jarum menginfeksi ikan lainnya.
  • Lepas kutu dengan pinset, kutu jarum dewasa dapat mudah terllihat dan bisa dilepaskan langsung secara fisik menggunakan pinset. Pelepasan fisik tersebut harus dilakukan dengan hati hati agar tidak ada bagian tubuh kutu yang tertinggal karena dapat menjadi faktor penyebab infeksi sekunder. Luka bekas pencabutan dapat diberi antiseptik seperti mechurochrome agar tidak terjadi infeksi sekunder.
  • Perendaman dengan abate, cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu jarum pada ikan arwana adalah dengan melakukan proses perendaman. Abate dapat menjadi obat yang digunakan untuk merendam ikan arwana karena memiliki kandungan organofosfat yang efektif dalam menghilangkah parasit kutu jarum dari tahap larva sampai kutu dewasa. Dosisi penggunaan abate dalam perendalam tersebut adalah 0,2 – 0,3 ppm.

Pencegahan Penyakit Kutu Jarum

Adanya kutu jarum pada ikan arwana seringkali dapat menyebabkan tampilan fisik ikan menjadi menurun kualitasnya. Upaya pencegahan diperlukan agar kualitas dari ikan arwana tetap terjaga. Agar dapat mencegah terjadinya infeksi kutu jarum tersebut, tentu ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara pencegahan terjadinya infeksi kutu jarum diantaranya seperti :

  • Pilih pakan yang tidak terinfeksi kutu jarum, kutu jarum dapat berasal dari pakan hidup hewan akuatik yang diberikan kepada ikan arwana, salah satunya kodok. Untuk mengatasi hal tersebut maka pilih pakan yang memang tidak beresiko membawa kutu jarum.
  • Karantina pakan, lakukan karantina pakan sebelum memberikan kepada ikan arwana akan mencegah terjadinya pertumbuhan kutu jarum karena pakan sudah dipilah dan dibersihkan dari berbabagai parasit yang menempel.
  • Perhatikan kebersihan akuarium dan kolam, hal lainnya yang juga perlu dilakukan adalah selalu memastikan bahwa kondisi air kolam dan kolam itu sendiri dalam keadaan yang bersih.
Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Arwana Super Red

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit kutu jarum pada ikan arwana dan cara mengatasinya yang perlu diperhatikan dengan baik. Pencegahan terjadinya kutu jarum lebih diutamakan dilakukan karena memang dampaknya yang dapat mempengaruhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *