Penyebab ikan arwana malas makan dan cara mengatasinya

Posted on

Memelihara ikan merupakan salah satu aktivitas yang cukup banyak dilakukan dimasyarakat. Ada berbagai macam jenis ikan yang dapat dipelihara dan setiap waktu selalu ada ikan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Salah satu jenis ikan yang sudah sejak dulu menjadi ikan peliharaan dalam akuarium di rumah adalah ikan arwana. Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar.

Sebagai salah satu ikan hias dengan harga yang cukup mahal, proses perawatan ikan arwana cenderung lebih rumit dibandingkan jeni ikan lainnya. Dalam memelihara ikan tersebut, tentu ada beberapa permasalahan dan penyakit yang dapat muncul sehingga menjadikan kondisi kesehatan iikan terganggu atau dampak lain yang bisa jadi mengancam nyawa ikan. Salah satu jenis permasalahan tersebut adalah kondisi dimana ikan malas untuk makan. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab ikan arwana malas makan dan cara mengatasinya.

Penyebab Ikan Arwana Malas Makan

Hal pertama yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah mengenai penyebab dari munculnya kondisi ikan arwana malas makan. Memperhatikan penyebab tersebut sangat penting untuk menentukan cara pengatasan yang tepat. Beriikut beberapa penyeab ikan arwana malas untuk makan :

  1. Salah dalam memberi pakan, penyebab pertama yang menjadikan ikan arwana malas atau mogok untuk makan adalah karena adanya kesalahan dalam pemilihan jenis pakan yang diberikan pada ikan tersebut. Ikan arwana yang terlalu sering diberi pakan kelabang hidup sering menjadi kondisi yang menyebabkan ikan malas untuk makan.
  2. Bosan dengan jenis pakan yang diberikan, penyebab kedua yang menjadikan ikan arwana malas untuk makan adalah karena kondisi kebosanan dengan pola dan jenis pakan yang diberikan oleh pemilik ikan tersebut.
  3. Mengalami kondisi sakit, penyebab lainnya yang juga akan menjadikan ikan arwana mengalai kondisi susah atau malas untuk makan adalah karena adanya kondisi sakit atau kelainan yang terjadi pada ikan tersebut.
  4. Ikan stres, bukan hanya manusia, ikan juga bisa stres karena berbagai hal mulai dari tempat yang tidak memadai atau karena kondisi lingkungan ari yang kotor. Stres tersebut menjadi salah satu penyebab ikan arwana malas makan.
Baca Juga  Cara merawat ikan arwana di dalam akuarium

Cara Mengatasi Ikan Malas Makan

Ikan arwana yang malas untuk makan tentu sangat berbahaya bagi kondisi kesehatannya jika keadaan ini berlangsung terlalu lama. Untuk menghindari bahaya tersebut, tentu ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ikan arwana malas makan diantaranya seperti :

  1. Mempuasakan ikan, langkah pertama yang harus diambil dalam proses mengatasi kondisi ikan arwana adalah dengan memuasakannya atau tidak memberika makan ikan dan bukannya memaksa ikan untuk makan. Hal ini untuk membantu ikan mendapatkan nafsu makan dan kebutuhan akan makanan.
  2. Berilah pakan jenis lain, setelah satu minggu dipuasakan maka langkah selanjutnya untuk mengatasi ikan arwana malas makan adalah dengan memberikan jenis pakan yang lain terutama paka yang memiliki kemungkinan hidup lebih lama dibandingkan lainnya. Ikan guppy yang sering berada di permukaan air menjadi pilihan tepat bagi jenis makanan untuk ikan arwana yang malas untuk makan.
  3. Obat hobbi fishes, alternatif lainnya yang juga dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi ikan arwana yang malas makan adalah dengan memberikan obat hobbi fishes ke dalam air kolam. Obat tersebut membantu menyembuhkan stres pada ikan arwana sebagai salah satu penyebab terjadinya kondisi ikan malas makan.
  4. Atasi penyakit pada ikan arwana, banyak penyakit yang dapat menyebabkan ikan arwana menjadi malas makan. Untuk mengatasi ikan arwana yang malas makan maka cara yang lebih tepat adalah memastikan dulu penyebabnya dan mengatasi permasalahan atau penyakit pada ikan tersebut untuk menjadikannya mau makan kembali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi penyebab ikan arwana malas makan dan cara mengatasinya yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik ikan. Mengatasi ikan yang malas makan tentu akan membantu menghindarkan ikan dari adanya kondisi berbahaya atau dampak negatif dari tidak adanya makanan, nutrisi, dan gizi yang masuk ke dalam tubuh ikan.

Baca Juga  Cara merawat ikan arwana di dalam akuarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *