Penyebab Infeksi kutu jarum pada ikan arwana

Posted on

Arwana merupakan sebutan untuk ikan hias air tawar yang memiliki habitat asli di beberapa hutan Indonesia seperti kalimantan maupun sumatera. Ikan arwana dikenal sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi sehingga kebanyakan yang memlihara ikan tersebut adalah mereka yang memang memiliki uang lebih. Harga ikan arwana tergantung dari kondisi ikan dan jenisnya.

Sebagai ikan dengan nilai ekonomis yang tinggi, proses perawatan dan pemeliharaannya juga terbilang cukup rumit. Proses perawatan yang baik akan membantu menjaga kondisi pertumbuhan dan perkembangan ikan dalam kondisi yang optimal serta menghindari adanya penyakti dan hama yang dapat terjadi pada ikan tersebut. Salah satu jenis penyakit dan hama yang dapat terjadi pada ikan adalah kutu jarum. Berikut penjelasan mengenai penyebab kutu jarum pada ikan arwana dan cara mengatasinya.

Kutu jarum merupakan jenis parasit yang dapat menginfeksi ikan arwana dan menjadi salah satu bentuk penyakit maupun hama bagi ikan arwana. Kutu jarum sebenarnya lebih banyak menyerang ikan yang dipelihara di kolam namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi sebaliknya. Kutu jarum disebut seperti jarum karena adanya bentuk menyerupai jarum yang terlihat pada sisik saat ikan terinfeksi.  Selain jarum, kutu yang menginfeksi ikan arwana tersebut disebut juga sebagai kutu jangkar karena adanya bagian yang mencap ikan arwanan. 

Penyebab Kutu Jarum Ikan Arwana

Sebelum mengetahui dan menentukan cara pengatasan yang tepat ketika ikan arwana terserang kutu jamur maka pengetahuan yang perlu diketahui terlebih daulu adalah mengenai penyebab dari munculnya serangan kutu jarum pada ikan arwana tersebut yang diantaranya seperti :

  • Kondisi lingkungan yang tidak terjaga, penyebab pertama yang dapat menjadikan kutu jarum menyerang ikan arwana adalah karena kondisi kebersihan dan sanitasi kolam yang kurang terjaga dengan baik sehingga menjadikan kutu jarum atau dalam bahasa ilmiahnya Lernaea Sp. Lingkungan yang kurang terjaga dengan baik pada kolam akuarium ikan arwana bukan hanya akan menyebabkan terjadinya infeksi kutu jarum namun juga kondisi kondisi lainnya.
  • Penularan dari ikan lainnya, meskipun ikan arwana sebaiknya dipelihara dalam satu kolam, tetap saja terkadang ada beberapa pengabungan jenis kolam tertentu pada kolam ikan arwana tersebut. Karena hal tersebutlah yang dapat menjadikan ikan arwana tertular kutu jarum dari ikan lainnya yang sudah terinfeksi terlebih dahulu. Ikan yang sudah terindikasi terinfeksi sebaiknya dipisah dari ikan lainnya agar tidak menyebabkan penularan secara langsung.
  • Terinfeksi dari pakan hidup, ikan arwana merupakan ikan jenis karnivora yang pakannya haruslah makhluk hidup kecil terutama yang hidup disekitar lingkungan habitat aslinya. Penyebab selanjutnya yang dapat menjadikan ikan arwana terkena jamur adalah karena adanya pakan ikan hidup yang awalnya terinfeksi kutu jarum menularkannya pada ikan arwana. Untuk mengindari adanya infeksi dari pakan hidup ikan arwana maka sebaiknya pilih pakan dari tempat yang berkualitas dan lakukan proses isolasi terhadap pakan tersebut terlebih dahulu sebelum diberikan.
Baca Juga  Penyakit kutu sisik dan solusi yang dialami ikan arwana

Gejala Kutu Jarum Pada Ikan Arwana

Memahami gejala adanya kutu jarum sagnat penting dalam membantu mengatasi kondisi infeksi kutu jarum pada ikan arwana lebih cepat. Beberapa kondisi yang dapat menjadi pertanda bahwa ikan arwana terinfeksi oleh kutu jarum tersebut diantaranya seperti aktivitas berenang ikan yang lebih banyak berada di pinggir akuarium maupun di bawah untuk mengesek gesekan tubuhnya yang gatal akibat kutu jarum, nafsu makan ikan yang berubah, adanya benda mirip jarum berwarna coklat keabuan pada bagian sirip, serta rusaknya beberapa bagian tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab infeksi kutu jarum dan gejala yang dapat terjadi pada ikan arwana. Penjelasan penyebab diatas dapat membantu dalam mencari solusi yang tepat untuk mengaasi adanya infeksi kutu jarum pada ikan arwana sehingga tidak menyebabkan kondisi pertumbuhan ikan terhambat bahkan kualitas fisik dari ikan arawan menjadi terganggu. Pencegahan terjadinya kondisi infeksi kutu jarum pada ikan arwana sangat diperlukan mengingat kutu jarum termasuk salah satu kondisi yang sering terjadi pada ikan arwana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *